Selasa, 14 Desember 2010

PENDIDIKAN TINGGI


PENTINGNYA UNIVERSITAS BAGI GENERASI MUDA

Seperti banyak orang ketahui universitas adalah perguruan tinggi fungsinya sebagai tempat memperluas wawasan dan penguasaan IPTEK bagi siapa saja namun yang paling penting adalah generasi muda saat ini. Universitas adalah perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah yang menyelenggarakan program pendidikan akademik atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan. Universitas merupakan perguruan tinggi yang mempunyai program studi yang paling beragam, dari bidang eksakta sampai sosial, dari teknologi sampai bahasa. pada beberapa universitas, terdapat fakultas-fakultas yang lebih menjurus. Karena di universitas yang dikelola adalah ilmu pengetahuan.

Seluruh gejala yang ada di alam semesta ini dapat dilihat, diamati, dipelajari, diteliti, dianalisis, dicatat, didokumentasikan, diajarkan disebarluaskan, dan diamalkan diuniversitas tersebut. Hasil pengamatan, kajian, dan penelitian tersebut adalah berupa ilmu pengetahuan yang kemudian diajarkan, disebarluaskan, dan diamalkan untuk kepentingan hidup seluruh umat manusia. Dalam berbagai proses pembelajaran yang terjadi diuniversitas tersebut sangat menguntungkan bagi generasi muda saat ini sebagai Rangkaian aktifitas yang mempunyai karakteristik tertentu yang bersifat kognitif (baru memberi pengetahuan pada seseorang), belum mempengaruhi (affektif). Tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk membuka sesuatu hal yang belum kita ketahui menjadi mengerti atau memperluas apa yang ingin kita pelajari.
Universitas adalah tempat sebagai penunjang dimana ilmu dan gelar bisa didapat oleh seseorang yang menuntut ilmu diperguruan tinggi tersebut untuk modal didalam dunia kerja sebagai mana dasarnya adalah Ilmu pengetahuan yaitu satu karena dasar, methodologi dan tujuannya adalah sama. Tidak ada "natural science" atau "social science." Yang ada adalah "unified science" atau "universal science." Tujuan pengetahuan adalah menemukan objektifikasi sesuatu seperti apa adanya dengan suatu distansi.
 Peran pendidikan tinggi amat penting dan strategis: kegiatan penelitian dan keilmuan dapat menghasilkan berbagai pemikiran dan konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia serta budaya bangsa, pengembangan Iptek dapat menghasilkan rekayasa teknologi dan karya seni yang bermutu sesuai kebutuhan pembangunan. Maka dari itu peran Generasi muda termasuk mahasiswa telah berperan dalam perjuangan kemerdekaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar