Selasa, 25 Januari 2011

Kehidupan di Desa dan di Kota

PERTAMBAHAN PENDUDUK DI DESA DAN DI KOTA

Desa merupakan pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan yang dipimpin oleh Kepala Desa dan Kota adalah merupakan pemukiman bukan pedesaaan yang berperan didalam satuan-satuan wilayah pengembangan dan atau wilayah nasional sebagai simpul jasa menurut pengamatan tertentu (Lihat RUU Tata Ruang Kota). Kehidupan yang terjadi didesa dan dikota menimbulkan pertumbuhan penduduk yang tidak merata tidak sebanding dengan  luas area dimana mereka tinggal.
Dalam pertambahan penduduk menimbulkan urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa atau daerah ke kota. Urbanisasi terjadi karena adanya anggapan bahwa kota adalah tempat untuk merubah nasib, tempat untuk mencari penghidupan yang lebih baik dan tempat untuk mencari kesenangan. Urbanisasi merupakan salah satu indikator dari tingkat kemajuan ekonomi suatu negara atau wilayah. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan.
Beberapa faktor yang menyebabkan urbanisasi adalah Lahan pertanian yang semakin sempit, merasa tidak cocok dengan budaya tempat asalnya, menganggur karena tidak banyak lapangan pekerjaan di desa, terbatasnya sarana dan prasarana di desa, diusir dari desa asal, memiliki impian kuat menjadi orang kaya, pertambahan Penduduk di Indonesia. Dengan adanya pertambahan penduduk tentu saja berdampak sangat luas pada upaya perencanaan dan pengelolaan pembangunan wilayah perkotaan.
Meningkatnya proporsi penduduk yang tinggal di perkotaan dapat berarti bahwa penduduk berbondong-bondong pindah dari perdesaan ke perkotaan, atau dengan kata lain penduduk melakukan urbanisasi. Dampak yang paling nyata hanyalah meningkatnya permintaan tenaga kerja, yang pada gilirannya sangat memacu laju pergerakan penduduk dari desa ke kota.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pertambahan penduduk di daerah surplus atau daerah perkotaan lebih besar dari pada di daerah minus atau daerah pedesaan. Pertambahan penduduk ini sangat dipengaruhi oleh adanya urbanisasi penduduk. Banyaknya factor pendorong dan faktor penarik dari kota menyebabkan peningkatan urbanisasi yang cukup signifikan setiap tahunnya. Pertambahan penduduk di kota ini juga menyebabkan peningkatan angka kelahiran sehingga penduduk di kota semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar