Selasa, 14 Desember 2010

PEMUDA


MAHASISWA

Sejak dahulu pembicaraan tentang mahasiswa selalu menarik perhatian diri mereka sendiri, bahkan mungkin lebih dari itu. Mahasiswa biasanya berbicara atau bahkan dikaitkan dengan kosakata-kosakata seperti bangsa, masyarakat, kebijakan publik, turun ke jalan, pengabdian masyarakat, wirausaha, gerakan, kritis, idealisme, intelektual, akademisi, aktivis, politik, struktural, kultural, nilai, moral, dan beragam kata lainnya yang masih sangat banyak.

Mahasiswa sebagai insan yang memiliki berbagai dimensi, yaitu sebagai bagian dari civitas akademika, generasi muda bangsa yang terdidik untuk menggunakan penalaran, pelaku sejarah yang ikut berperan dan menentukan sejarah,dan warganegara.
Mahasiswa sebagai kaum candekia muda bangsa ini adalah elemen masyarakat yang memiliki potensi besar untuk menyelesaikan permasalahan bangsa ini. Mahasiswa memiliki idealisme, dimana bila idealisme ini dapat diarahkan kepada kontribusi terhadap bangsa maka akan menjadi sebuah visi yang diiringi motivasi besar dan kuat untuk memajukan bangsanya. Potensi lain yang dimiliki mahasiswa adalah intelektual dan jiwa kritis, dimana jika kedua hal tersebut dapat diarahkan kepada kontribusi terhadap bangsa maka perannya sebagai penghubung (middle of class) antara rakyat dengan pemerintah dapat dirasakan kebermanfaatannya.
Namun sayangnya, potensi – potensi tersebut sering terbiaskan oleh keadaan nyaman yang dialami seorang mahasiswa. Banyak dari mereka yang memilih menutup mata ketika terjadi realita bangsa yang tidak sesuai hati nuraninya, banyak dari mereka yang memilih diam tertindas ketika para pemimpin bangsa ini melakukan tindakan yang keliru.
Untuk itu, diperlukan adanya suatu penyadaran dini terhadap kaum mahasiswa sebelum idealismenya terbiaskan oleh paham-paham negatif yang menjauhkannya kepada kesadaran untuk berkontribusi terhadap bangsanya.
Dan hal lain yang tidak kalah penting adalah adanya suatu gerakan kemahasiswaan yang padu, teroganisir dengan rapi serta mampu berkontribusi terhadap bangsa dengan berbagai potensi yang dimiliki agar idealita bangsa ini dapat menjadi realita bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar