Kamis, 26 April 2012

Desain Aplikasi Mesin Permen



Analisa Sebuah Mesin Candy/Permen

Untuk menganalisa sebuah desain, di perlukan kriteria-kriteria yang ingin di analisa, dengan kriteria  sebagai berikut:
    a.  Faktor Psikologis
    b. Faktor Ergonomis
    c.  Faktor kecerdasan buatan
    d. Faktor Teknik Pembuatan
    e. Faktor Multimedia
    f. Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut adalah analisa dari kriteria-kriteria di atas:
     a.        Faktor Psikologis

Di lihat dari faktor psikologis, desain dari mesin minuman ini memberikan suatu psikologis yang baik dan positif bagi para penggunanya kelak, desain yang berwarna warni ini memberikan pandangan yang unik dan menarik serta nyaman bagi setiap orang yang melihatnya, sehingga para pengguna akan tertarik untuk menggunakannya. Pada mesin ini pula sudah menggunakan layar touch screen yang mempermudah pengguna melakukan transaksi ini.

     b.      Faktor Ergonomis
 Untuk faktor Ergonomis, aplikasi yang di gunakan memiliki tata letak yang tepat untuk memudahkan konsumen menggunakannya. Dengan kombinasi warna warni yang unik, terlihat menarik untuk di lihat konsumen. Pengambilan permen ini di letakan di bawah  sehingga memudahkan pengguna yang memiliki  postur tubuh kurang maksimal atau anak-anak untuk mengambilnya. Warna yang di gunakan penulis banyak kombinasi yang memiliki daya tarik yang baik untuk menarik minat konsumen.

     c.       Faktor Kecerdasan Buatan
Menurut faktor kecerdasan buatan, desain mesin pembelian permen ini dapat di katakan baik dan mudah di gunakan, menggunakan sistem digital dalam proses  pembelian. Mesin ini di lengkapi  layar touch screen yang berteknologi tinggi sehingga memudahkan konsumen untuk memilih permen yang diinginkan, beserta harga-harganya. Untuk pembelian, mesin ini menggunakan card member, dimaksudkan memudahkan konsumen dalam transaksi tersebut.

     d.      Faktor Teknik  Penulisan
Desain aplikasi ini di buat dengan tambilan teks yang tidak terlalu banyak  namun baik dan menarik. Mesin candy/permen ini nyaris tidak memiliki tulisan. Mesin ini terdapat printan struk untuk harga permen yang ingin di beli, apabila terdapat harga yang tidak sesuai, dapat di jadikan bukti untuk pengaduan.

     e.      Faktor Multimedia
Multimedia yang di tampilkan terdapat pada LCD Touch Screen yang berteknologi tinggi, berupa wallpaper dan screensaver dan gambar-gambar produk minuman.

     f.        Rekayasa Perangkat Lunak
Mesin ini di dukung sistem komputerisasi yang  menggunakan perangkat lunak software untuk program pembelian yang dilakukan konsumen dan memudahkan vendor untuk melakukan rekap data transaksi bulanan yang terjadi pada mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar